Asuransi memiliki banyak produk yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan kita seperti asuransi jiwa, kesehatan dan kecelakaan. Namun ada sebuah asuransi yang memang bisa memberikan kita sebuah investasi di masa depan atau yang bisa dikatakan di masa tua kita. Nah investasi melalui asuransi tersebut disebut sebagai asuransi dana pensiun. Dari namanya saja anda sudah bisa menduga bukan produk apa itu. Jika iya, maka berikut ini ada beberapa alasan asuransi dana pensiun itu perlu. Semoga akan memberikan anda sebuah masukan yang bermanfaat untuk masa depan anda.

Mandiri

Alasan asuransi dana pensiun itu perlu yang pertama adalah anda ingin terus tetap mandiri hingga hari tua anda. Ketika anda selesai dari studi anda, anda membangun masa depan anda dengan lebih mandiri dari bantuan dari orang tua anda. Hal ini pun bisa anda lakukan ketika anda bukan seorang pekerja. Dengan memanfaatkan dana pensiun melalui asuransi, anda bisa tetap mandiri sehingga tidak akan memberatkan anak anda kelak.

Sebagai seorang anak tentu anda ingin berbakti pada dua orang tua anda yang telah membesarkan anda dan juga sebagai orang tua anda kelak akan berusaha untuk terus memberikan anak anda yang terbaik meskipun anak anda telah belajar mandirii. Contoh kedua adalah salah satu alasan asuransi dana pensiun itu perlu untuk dimiliki dan diinvestasikan semenjak dini.

Angka Harapan Hidup Yang Meningkat

Indonesia adalah salah satu negara dengan angka harapan hidup yang rata rata tinggi dibandingkan dengan negara lainnya. Hal ini dikemukakan melalui jurnal serta hasil statistik mengenai usia angka kematian di Indonesia yang berumur tinggi di beberapa kota. Hal ini menjadi salah satu alasan asuransi dana pensiun itu perlu. Anda perlu mempersiapkan ketika anda harus hidup dan tidak lagi bekerja. Anda tidak bisa terus terusan menghasilkan uang dengan bekerja, ada saat dimana anda harus berhenti.

Hubungannya dengan angka harapan hidup orang Indonesia? Itu berarti anda masih punya beberapa tahun setelah masa pensiun anda tiba. Dan ketika masa pensiun anda itu tiba, maka anda akan memiliki dana yang cukup untuk anda menikmati hari tua anda dengan pasangan maupn bersama keluarga anda. Itulah alasan asuransi dana pensiun itu perlu untuk direncanakan bahkan ketika anda baru saja mulai masuk ke dalam dunia kerja.

Baca juga : Kapan Anda Membutuhkan Asuransi Dana Pensiun Karyawan?

Tidak Bisa Mengandalkan Tabungan

Alasan asuransi dana pensiun itu perlu yang selanjutnya adalah anda tidak bisa selalu mengandalkan tabungan anda. Anda mungkin memiliki tabungan dengan nilai uang cukup besar namun anda harus mengingat bahwa ketika anda pensiun anda tidak akan memiliki pemasukan lagi. Jadi setelah anda pensin sudah bisa dipastikan bahwa anda akan mengalami banyak pengeluaran tanpa adanya satupun pemasukan yang akan mengimbanginya. Oleh karena itu pertimbangkan kembali mengenai kepemilikian asuransi dana pensiun sehingga masa depan anda bisa lebih terencana.

Tunjangan Perusahaan Tidak Cukup

Dikatakan bahwa ketika masa pensiun kita akan kehilangan pemasukan kita, hal itu adalah salah satu alasan asuransi dana pensiun itu perlu. Mungkin bagi beberapa orang, perusahaan memberikan tunjangan hari pensiun yang cukup. Namun hal itu tidak terjadi pada setiap orang sehingga anda harus memiliki rencana cadangan lainnya yakni bisa dengan menggunakan investasi dana pensiun melalui asuransi sebagai tambahan dari tunjangan atau nilai tabungan yang anda miliki di bank.

Related Post

Written by 

3 thoughts on “Alasan Asuransi Dana Pensiun Itu Perlu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *