Memilih asuransi yang tepat memang menjadi sebuah keharusan agar apa yang anda dapatkan sesuai dengan apa yang anda harapkan. Oleh karena itulah memang selalu disarankan untuk membaca polis asuransi anda, menyeimbangkan kemampuan finansial anda dan faktor faktor lainnya yang sebaiknya dipenuhi dalam mencari asuransi yang sesuai. Nah berikut ini ada beberapa kesulitan yang merupakan akibat salah memilih asuransi yang bisa terjadi karena banyak alasan. Apa saja? Berikut ulasannya yang bisa anda jadikan referensi agar tidak salah pilih asuransi.

Sulit Klaim

Kesulitan untuk melakukan klaim menjadi salah satu dampak akibat salah memilih asuransi. Kesulitan dalam hal klaim ini bisa dikarenakan atas beberapa hal seperti tidak ada kerjasama antara asuransi kesehatan anda dengan rumah sakit dimana anda harus dirawat, persyaratan yang sulit untuk dipenuhi serta masalah lain yang bisa menjadi hambatan dalam klaim.

Kesulitan akibat salah memilih asuransi ini bisa diatasi apalagi anda sudah terlanjur untuk menandatangani polis dengan mempelajari polis yang anda miliki dan memahaminya. Dengan demikian anda tidak akan mengalami kesulitan dalam memilih asuransi.

Baca juga: Kesalahan Umum Memilih Asuransi Kesehatan

Terbebani Premi

Salah satu akibat salah memilih asuransi yang juga sering dijumpai adalah finansial bulanan anda atau keuangan anda terbebani oleh biaya pembayaran premi. Memang premi tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Namun tidak semua mampu menghitung kemampuan finansialnya. Premi yang sebaiknya dibayarkan sebaiknya tidak lebih dari 20% pendapatankita. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan akan menghambat pembayaran premi atau keuangan anda terganggu.

Akibat salah memilih asuransi dalam hal premi ini juga bisa berakibat pada menungaknya pembayaran premi yang kemudian akan menunda jaminan dari asuransi anda. Yang terburuk lagi adalah jika anda terpaksa harus memutus polis anda karena terkait dengan premi tersebut. Jelas hal itu akan merugikan anda dimana premi yang sebelumnya telah dibayarkan tidak akan kembali dan anda kehilangan jaminan perlindungan anda. Apabila anda memulai asuransi lainnya, anda harus menunggu agar polis anda aktif.

Tidak Sepenuhnya Tercakup Asuransi

Kerugian akibat salah memilih asuransi yang juga sering terjadi adalah asuransi anda tidak sepenuhnya mencakup biaya atas suatu klaim. Hal ini dihubungkan dengan plafond dengan skema besar atau kecil. Jika skema yang anda pilih kecil namun biaya yang dikeluarkan jauh melebihi limit dari skema tersebut, maka anda terpaksa membayar sisanya yang juga mungkin lebih besar daripada yang dibayarkan oleh pihak asuransi.

Agar anda tidak terkena akibat salah memilih asuransi ini, akan lebih baik jika anda memilih skema yang besar dengan limit yang lebih tinggi. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir jika nantinya anda mengalami permasalahan biaya dalam perawatan atau pengobatan anda.

Baca juga: Manfaat Plafond Asuransi Kesehatan Besar

Tidak Profesional

Hal ini menjadi hal yang mungkin akan subjektif untuk anda namun berakibat pada pelayanan yang akan anda dapat. Umumnya akibat salah memilih asuransi yang kurang menjunjung profesionalisme bisa mengakibatkan permasalahan di belakang seperti sulit melakukan klaim, tidak ada kejelasan informasi dan lainnya. Pastikan anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki track record baik dan tidak pernah mengalami masalah dengan pemilik asuransi.

Nah itulah beberapa akibat salah memilih asuransi yang bisa saja menimpa anda. Cara untuk menghindarinya tentu saja dengan memperhatikan secara teliti perusahaan asuransi yang akan anda pilih dan juga melihat manfaat untuk anda apakah sesuai dengan yang anda inginkan dan juga apakah sesuai dengan apa yang anda perlukan.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *