Membeli sebuah produk asuransi memang belum terlalu populer di Indonesia namun sudah banyak yang mulai melirik dan mencoba membelinya sebagai aset atau bentuk investasi. Sayangnya tidak semua produk asuransi, secara finansial, bermanfaat untuk anda miliki. Jika anda memilih produk asuransi yang memang sebenarnya tidak anda butuhkan maka hal tersebut bukan akan membawa nilai positif namun akan menjadi beban bagi finansial anda.

Nah ada beberapa faktor utama membeli produk asuransi karyawan yang harus selalu anda perhatikan sebelum meneken Policynya. Hal ini akan baik jika anda dengan cerdas menempatkan kbutuhan anda. Berikut ke lima faktor utama tersebut.

1. Kemampuan Membayar Premi

Hal ini menjadi faktor utama yang mesti anda perhatikan dalam memilih sebuah produk asuransi. Bagaimanapun sebuah investasi itu namun apabila hal itu akan memberatkan finansial anda sebelum anda bisa merasakan manfaat atau keuntungannya, maka hal tersebut bukanlah investasi yang baik.

Faktor utama membeli produk asuransi karyawan yang paling utama adalah anda mampu membayar preminya dan hal tersebut tidak membebani finansial anda setiap bulannya. Premi akan menjadi tagihan setiap bulan anda sehingga anda harus memperhatikan jelas keseimbangannya dengan pemasukan anda.

2. Tepatkah Kebutuhan Akan Asuransi tersebut

Selain kemampuan untuk membayar premi berdasarkan dengan pemasukan atau pendapatan anda, faktor utama membeli produk asuransi karyawan adalah dengan menentukan apakah anda benar benar membutuhkan asuransi tersebut atau tidak. Jika tidak anda bisa mengalihkannya kepada investasi dalam bentuk lain atau dalam bentuk tabungan.

Membeli sebuah produk asuransi yang tidak anda butuhkan seperti membeli produk asuransi kendaraan roda empat namun anda tidak memiliki mobil maka akan menjadi hal yang sia sia. Meskipun dalam kenyataannya pihak asuransi sendiri tidak akan menawarkan hal tersebut namun pertimbangkan lagi akan kebutuhan anda.

3. Manfaat Yang Anda Dapatkan

Selain kemampuan membayar premi sesuai dengan pendapatan atau pemasukkan, manfaat akan produk asuransi yang akan anda beli juga berhubungan erat dengan poin apakah tepatkah kebutuhan asuransi tersebut dengan kondisi anda? Manfaat yang didapatkan dari sebuah produk asuransi tidak hanya selalu dalam produk dana melainkan juga bisa dalam bentuk jasa seperti layanan kesehatan, perawatan tanpa biaya dan lain lain.

Oleh karena itu, manfaat apa yang anda butuhkan harus menjadi faktor utama membeli produk asuransi karyawan. Apabila anda berpikir bahwa pekerjaan anda termasuk sebagai pekerjaan yang riskan atas kejadian seperti kecelakaan maka akan tepat jika anda menginvestasikan pendapatan anda melalui asuransi kecelakaan.

4. Kredibiltas Perusahaan Penawaran Jasa Asuransi

Faktor eksternal yang menjadi faktor utama membeli produk asuransi karyawan yang selanjutnya adalah kredibilitas dari perusahan yang menawarkan produk jasa asuransi. Ingat, asuransi adalah sebuah investasi jangka panjang, oleh karena itu memilih perusahan yang tepat dalam menawarkan jasa asuransi. Investasi tersebut akan benar benar bermanfaat dan anda bisa merasakan buah dari apa yang anda tanam kelak.

Baca Juga : Cari Produk Asuransi Dana Pensiun Terbaik?

5. Kesesuaian Dengan Perusahaan Anda

Faktor utama membeli produk asuransi karyawan yang selanjutnya harus anda perhatikan adalah kesesuaian dengan perusahaan tempat anda bekerja. Perusahaan memang tidak akan menolak jika anda membeli asuransi tambahan yang berbeda atau tidak membeli asuransi. Namun jika perusahaan anda telah memiliki rekanan atau memiliki program asuransi untuk akryawannya maka anda kembali harus memperhatikan poin poin sebelumnya.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *