Memiliki sebuah asuransi memang sangat dianjurkan agar anda tidak mengalami kerugian yang besar apabila terjadi sebuah kejadian yang mengakibatkan pengeluaran tidak terkontrol secara tiba tiba dalam jumlah yang besar. Namun sayangnya, tanpa perencanaan, manajemen pendapatan yang baik memilik sebuah asuransi atau lebih bisa menjadi beban bagi finansial anda. Nah berikut ini ada 4 tanda terbebani premi asuransi yang mungkin seseorang rasakan baik secara sadar maupun secara tidak sadar. Jika sudah demikian, maka anda harus mencari suatu jalan keluar sehingga anda tidak mengalami kebangkrutan di akhir nanti.

Tidak Ada Anggaran Tabungan Dari Pendapatan

Tanda terbebani premi asuransi yang seseorang bisa rasakan adalah tidak ada anggaran untuk tabungan dalam pendapatan bulanan. Padahal meskipun anda memiliki jaminan dari asuransi, bukan berarti anda bisa meninggalkan untuk menabung. Jaminan yang diberikan asuransi sangatlah terbatas meskipun dalam jumlah yang terkadang sangat besar. Oleh karena itulah anda perlu menganggarkan sejumlah uang agar anda memiliki tabungan yang kelak bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan yang tidak dicakup oleh jaminan dari asuransi.

Mengapa tidak adanya anggaran untuk tabungan termasuk dalam tanda terbebani premi asuransi karena memang sebaiknya dalam pendapatan anda ada anggaran untuk tabungan yang presentasinya lebih besar daripada jumlah premi yang anda bayarkan. Dan jumlah premi yang anda bayarkan sebaiknya tidak melebihi 30% dari jumlah pendapatan anda.

Pembayaran Premi Tersendat

Selanjutnya untuk tanda terbebani premi asuransi adalah pembayaran yang mulai tersendat. Hal ini sudah menjadi pertanda bahwa asuransi yang anda miliki mungkin memiliki premi yang biayanya diatas kemampuan anda meskipun tidak melebihi 30% dari pendapatan anda sekalipun. Memiliki sebuah asuransi memang sangat dianjurkan namun sangat dianjurkan lebih lagi anda tidak terbebani oleh asuransi tersebut.

Cara untuk menyelesaikan tanda terbebani premi asuransi berupa pembayaran yang mulai tersendat adalah dengan mengatur kembali alur pendapatan anda dan anggaran belanja anda setiap bulannya. Jika memang anda berniat untuk melanjutkan asuransi tersebut, anggarkan pembayaran premi pada biaya pengeluaran bulanan seperti listrik dan sebagainya. Dengan demikian anda tidak akan mengalami pembayaran yang tersendat dan manfaat dari asuransi bisa anda dapatkan.

Menunggak Premi

Berikutnya untuk tanda terbebani premi asuransi yang sudah memasuki tahap sangat berbahaya adalah ketika anda sudah menunggak premi asuransi. Penunggakan pembayaran premi asuransi ini bisa berakibat fatal untuk asuransi anda dimana jaminan bisa saja dibekukan. Kembali, pertimbangkan kepemilikian asuransi tersebut jika memang premi yang dibayarkan berat atau belum menjadi prioritas utama anda. Anda tetap saja tidak akan mendapatkan manfaat apabila anda sering menunggak asuransi karena asuransi anda tidak aktif dan anda perlu menunggu kembali perlindungan asuransi anda untuk aktif.

Baca juga: Manfaat Kombinasi Asuransi dan Tabungan

Terkena Penalti

Hasil terburuk dari pembayaran premi asuransi yang tersendat, mengalami penunggakan pembayaran adalah penalty dari pihak asuransi dan ini menjadi tanda terbebani premi asuransi yang paling buruk. Anda akan kehilangan perlindungan anda disini dan anda juga harus menunggu selama beberapa waktu agar perlindungan asuransi anda kembali aktif dengan catatan anda juga harus memenuhi segala pembayaran dan juga mungkin denda yang harus anda bayarkan.

Ketika tanda terbebani premi asuransi yang kali ini terjadi anda bisa mulai mempertimbangkan kembali apakah anda akan tetap berlanjut untuk memiliki asuransi tersebut, atau menggantinya dengan asuransi yang preminya lebih murah atau bahkan berhenti untuk berasuransi untuk sementara waktu? Segala keputusan berada di tangan anda.

Baca juga: Alasan Asuransi Menjadi Kebutuhan di Masa Sekarang

Related Post

Written by 

2 thoughts on “4 Tanda Terbebani Premi Asuransi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *