Asuransi menjadi hal yang sudah umum bagi karyawan dan bagi beberapa orang yang mengerti akan investasi. Kebutuhan yang semakin meningkat, perencanaan masa depan pun  menjadi lebih ketat. Oleh karena itu investasi, termasuk asuransi, sangatlah oenting untuk keberlangsungannya. Karena yang dinamakan sebagai investasi membutuhkan jangka waktu tertentu agar dapat dipetik manfaat atau hasilnya. Tak terkecuali asuransi yang juga membutuhkan waktu sehingga anda bisa melakukan proses klaim. Nah, ada beberapa hal lain yang menyebabkan asuransi gagal menjadi investasi benefit. Berikut ulasannya.

Tidak Membayar Premi

Jangan sampai anda melakukan yang satu ini. Pembayaran premi yang terlambat bisa mengakibatkan penundaan proses klaim sehingga asuransi gagal menjadi investasi benefit. Mengapa demikian? Jangka waktu pembayaran premi ada masanya sendiri dan apabila melebihi masa tenggang yang telah ditentukan asuransi anda bisa dibekukan dan anda tidak dapat melakukan proses klaim. Ketika anda tidak bisa melakukan proses klaim maka investasi tersebut menjadikan asuransi gagal menjadi investasi benefit.

Dikatakan asuransi gagal menjadi investasi benefit karena anda tidak mendapatkan hasilnya. Sama seperti ketika anda menunda untuk menyirami pohon buah anda sehingga pohon tersebut telat berbuah. Parahnya lagi jika hal itu terus terusan terjadi, maka pohon tersebut bisa mati atau dalam hal asuransi ini pihak asuransi bisa mempertimbangkan untuk menghapus akun atau kepemilikan asuransi anda.

Melakukan Klaim Palsu

Asuransi juga bisa menunda proses klaim atau bahkan menangguhkan akun asuransi anda apabila anda terbukti melakukan klaim palsu. Klaim palsu seringkali dilakukan untuk memperoleh keuntungan dari pihak asuransi secara tidak benar. Hal ini membuat asuransi gagal menjadi investasi benefit.

Klaim palsu ini bisa melibatkan bantuan tim ahli untuk melakukan pembuktian. Contohnya seperti proses klaim asuransi kesehatan. Untuk klaim asuransi kesehatan yang diduga dipalsukan, pihak asuransi berhak untuk melakukan imvestigasi seperti mengecek kebenaran dari surat keterangan kesehatan yang digunakan sebagai syarat untuk melakukan proses klaim.

Syarat Untuk Asuransi Terbukti Tidak Benar

Salah satu hal yang bisa membatalkan asueansi anda adalah jika ditemukan kejanggalan pada syarat untuk mengajukan asuransi. Dengan demikian jelas asuransi gagal menjadi investasi benefit yang bisa anda andalkan. Seperti contohnya adalah untuk asuransi kesehatan. Asuransi keshetaan umumnya tidak akan menerima pengasuransian apabila orang yang mengajukan terbukti telah memiliki penyakit berat. Pihak asuransi bisa membatalkan asuransi sesuai dengan peraturan yang telah disetujui.

Asuransi gagal menjadi investasi benefit bila anda tetap mengajukan unuk memiliki asuransi. Apabila jika anda terlanjur melakukan pembayaran premi dan ditengah tengah waktu pihak asuransi membatalkan. Namun ada juga asuransi kesehatan yang tidak mensyaratkan untuk melakukan tes kesehatan sehingga kondisi kesehatan apapun akan diterima. Oleh karena itu pahami benar klausul serta persyaratan yang diajukan.

Alasan Lainnya

Penyebab lainnya yang menyebabkan asuransi gagal menjadi investasi benefit karena suatu hal yang anda lakukan adalah seperti perpindahan kerja, PHK ataupun pemecatan untuk asuransi karyawan. Hal ini bisa berakibat penghapusan asuransi yang anda miliki sehingga anda kehilangan investasi amda di masa depan.

Baca Juga : Bagaimana Mengukur Benefit Dari Sebuah Asuransi Karyawan?

Hal lain yang bisa mengakibatkan asuransi gagal menjadi investasi benefit yakni adalah anda terlibat pelanggaran hukum. Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang taat hukum dan tak akan mau terlibat utusan hukum. Contoh kasus yang ada sepetti ketika anda terlibat pada suatu kecelakaan di jalan raya. Kemudian anda melakukan proses klaim, dan pengadilan memutuskan bahwa anda yang terbukti bersalah pada kecelakaan itu. Maka perusahaan asuransk bisa membatalkan klaim terutama karena bisa diduga klaim tersebut disengaja.

Related Post

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *